Berbisnis Tanpa Modal

Tawarkan Kerjasama Bukan Meminta Kerjasama
Dalam kalimat "Tawarkan Kerjasama Bukan Meminta Kerjasama" Sebenarnya penafsiranya seolah sama saja, tetapi sebenarnya ini berbeda, disini ada kata "Tawarkan" dan ada kata "Meminta" sudah jelas bukan maknanya. Saya dulu pernah menjalankan sebuah "Travel" dengan modal mulut saja, walaupun sekarang saya sudah tidak di travel lagi, saya akan share cara mendapatkan usaha tersebut. 
Caranya carilah orang yang sedikit tajir (lebih baik bila orang tersebut adalah seorang pengusaha) yang akan menjadi target anda. Tawarkan sebuah usaha atau buah pemikiran anda tentang kalau ada yang menawarkan modal untuk membuatnya. Tawarkan kepadanya bahwa usaha ini akan bisa berkembang dan buatlah kesepakatan akan ada pembagian hasil dari usaha tersebut dan jangan lupa buat sebuah perjanjian yang mengikat antara anda dan si pemilik modal. 
Cara mencari orang yang memiliki modal mungkin bagi anda akan terasa susah, sebenarnya sih gampang-gampang susah, tapi disitulah letak sebuah perjuangna mendapatkan orang tersebut dan memperoleh kepercayaannya. Saya dulu mendapatkan sipemilik modal datang dari kebetulan. Kebetulan saya adalah Programer komputer yang melayani servis panggil, kebetulan saya dipanggil mengerjakan instalasi komputer di sebuah toko bangunan yang baru menggunakan komputerisasi dalam pelayanannya, 
Pinjam Modal di Bank
Akan terasa berat bagi anda meminjam uang di bank mungkin dikarenakan memang belum ada usaha yang belum berjalan yang dapat menjadi pertimbangan orang survey bank. Mintalah bantuan kepada orang tua atau saudara yang memiliki usaha atau pekerjaan untuk pinjam namanya yang bisa lolos dalam memperoleh pinjaman di bank. Sebelum meminta bantuan untuk pinjam nama, buatlah bayangan, kisi-kisi atau perhitungan dari usaha yang akan anda buat, semacam membuat proposal ke orang tersebut yang akan membuat pemikiran mereka ini usaha akan bisa berjalan dengan baik dan membuahkan kepercayaan kita mampu mengerjakannya bila memperoleh modal.
Demikian yang dapat saya share hari ini, semoga mampu menumbuhkan kepercayaan diri didalam diri anda. Bila ada keraguan dan mungkin ada pertanyaan dapat anda tulis di kolom komentar, bila saya ada banyak waktu dan kesempatan, akan saya balas dan saya jadikan sebuah artikel.

No comments:

Post a Comment