FAKTOR IKLIM BISNIS DARI SEGI TABUNGAN DAN PEMERINTAH


 Artikel sebelumnya menjelaskan mengenai Faktor Iklim Binis Dari Segi Investasi dan kali ini ada Foktor selain Artikel lalu yakni dari sedgi tabungan dan pemerintahan lebih jelasnya ada dibawah ini 

1.       TABUNGAN
Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat-lemahnya multiplier tersebut. Tetapi, tabungan itu juga menjadi sumber  untuk investasi modal dimasa mendatang. apa yang penting disini adalah adanya keteraturan dan keterpercayaan terhadap tabungan sehingga iklim bisnis itu dapat diramaikan.

2.       PEMERINTAH

Pemerintah dapat berperan sebagai pengelola system bisnis. Pemerintah dapat meminjam uang membelanjai kegiatannya. Dapat terjadi bahwa apa yang dipinjam lebih besar dari apa yang diterimanya. Jika ini terjadi, berarti pemerintah mengakui deficit. Pembelanjaan yang deficit ini dapat menjadi masalah dan dapat juga tidak menjadi masalah, bergantung pada situasinya apakah dapat mendukung terjadinya inflasi.

Pemerintah, melalui baik kebijaksanaan “fisikal” atau “moneter” dapat mempengaruhi kegiatan bisnis.

·         Kebijaksanaan Fiskal digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan  meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan permintaan).
·         Kebijaksanaan moneter berkaitan dengan pengelolaan supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan. Penggunaan kedua alat tersebut untuk mempengaruhi system bisnis telah meningkat. Tetapi jelas bahwa pemahaman kita tentang semua pengaruh tersebut belum begitu mendalam

Masa resesi yang mulai dirasakan tahun 1982,  tidak hanya menyangkut perekonomian nasional tetapi juga perekonomian dunia, merupakan kondisi perekonomian yang cukup berat dan salah satu tugas pemerintah adalah mengatasi keadaan tersebut. Usaha-usaha pemerintah untuk mengatasinya telah dilakukan, antara lain dengan dikeluarkannya intruksi presiden Nomor 4, 1985 (untuk memperlancar arus perdagangan) dan paket 6 Mei 1986 (untuk meningakatkan ekspor non migas).

Terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat yah

No comments:

Post a Comment