FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IKLIM BISNIS



Berikut saya akan menjelaskan seara singkat faktor apa saja yang dapat mempengaruhi iklim bisnis. Beberapa hal lagi perlu dipahami dalam kaitannya dengan system bisnis. Kita harus melihat hal-hal dan trend-trend nasional yang mempengaruhi iklim bisnis dari waktu ke waktu.

Mungkin contoh yang paling ekstrim adalah terjadinya depresi yang hebat di Amerika Serikat pada tahun 1929, yang bahkan juga terjadi di dunia. Rakyat Indonesia yang pada saat itu masih di bawah penjajahan belanda, tidak begitu banyak menanggung akibat depresi tersebut. Di Negara-negara yang sangat menderita akibat depresi itu mengalami antara lain :


a)      Melonjaknya tingkat pengangguran, artinya banyak orang yang kehilangan pekerjaan.
b)      Banyak keluarga yang “kehilangan” rumahnya
c)       Banyak simpanan di bank ikut lenyap karena bangkrutnya bank yang bersangkutan.
d)      Banyak yang gulung tikar

Jhon Maynard Keynes telah memberikan tinjauan tentang cara penyembuhan derita akibat depresi. Ia memandang bahwa tingkat kegiatan bisnis disebuah system kapitalis itu tergantung pada kemauan para wiraswasta untuk menanamkan modalnya. Ia memperlihatkan bahwa suatu system pasar itu dapat mengalami posisi yang buruk dan tidak dapat mengatasinya. Ia juga menambahkan bahwa pengeluaran pemerintah dapat menjadi menjadi elemen utama dalam penyembuhan tersebut.

Sekian dari tulisan saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.. Terima kasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment